13 April 2014

Mupuk Session 2


Bulan ini adalah jadwal saya melakukan pemupukan kebun sawit saya lagi. Sayangnya saya tidak bisa datang ke sana. Hal ini dikarenakan lokasi kebun saya yang jauh sekali. Jadi saya harus transit beberapa kali untuk sampai ke sana. Tentunya hal ini akan memakan waktu yang mengharuskan saya untuk cuti. Itupun nanti akan merepotkan saudara saya karena di sana saya harus dijemput dan sebagainya. Jadinya saya menyerahkan sepenuhnya kegiatan memupuk ini ke saudara saya. 
Dalam pemupukan kali ini pupuk yang saya gunakan adalah sebagai berikut:

No.
Jenis Pupuk
Harga per sak
Jumlah Sak
Total
1
ZA
 Rp  150.000,00
5
 Rp      750.000,00
2
KCL
 Rp  260.000,00
6
 Rp  1.560.000,00
3
Dolomit
 Rp    43.000,00
6
 Rp      258.000,00
Total
 Rp  2.568.000,00

Biaya pemupukan ini belum termasuk biaya upah mupuk sebesar Rp. 150.000,00. Seharusnya pemupukan dilakukan di awal bulan, namun karena di Riau sedang terjadi kebakaran hutan yang mengakibatkan kabut asap maka pemupukannya ditunda sampai hujan datang. Selama beberapa bulan terakhir kebun sawit saya mengalami penurunan produksi, walaupun sebenarnya itu wajar karena penurunan ini memang sifatnya alami dan berlangsung di hampir semua kebun di Indonesia. Semoga dengan pemupukan yang saya lakukan ini dapat meningkatkan kembali produktivitas kebun sawit saya.

Tidak ada komentar: