11 Oktober 2011

Bourse Game


Yup masi dalam rangkaian training dealer yang akan diakhiri dengan kegiatan bourse game selama 3 hari. Bourse gamenya berlangsung dari 30 Mei – 1 Juni. Hal yang menyenangkan adalah kegiatan ini dilakukan di hotel tepatnya hotel Millenium. Asyik ya training di hotel. Tapi pada kenyataannya ga seenak yang dbayangkan kok.

Kami memulai training hari Senin. Namun kami sudah bisa check ini sejak hari Minggu. Training besok akan di awali dengan tes keseluruhan materi kelas. Jadi pada hari Minggunya kami belajar bersama terlebih dahulu. Walaupun sudah datang sejak pukul 1 siang, tapi belajar bersamanya baru dimulai pukul 8 malam. Biasalah di awal2 banyakan ngobrol2 dan makan. Malam ini saya makan nasi goreng kambing di Sabang bersama rekan-rekan dari sub RTM. Rencana awalnya siy kami mau berenang terlebih dahulu. Tapi ya rencana tinggal rencana. Akhirnya batal deh.

Di malam Senin ini kami terpecah dalam beberapa kelompok belajar. Saya sendiri bersama mas lucky dan pak Jun. Kami belajar dari awal. Untungnya Mr. Clem sudah memberikan arahan bahwa soalnya tidak akan jauh2 dari soal yang sudah diberikan sebelumnya. Jadi kami hanya belajar dari soal2 yang sudah ada. Kami belajar hingga larut malam sekitar pukul 12an.

Keesokan paginya setelah makan pagi yang lezat dilanjutkan dengan test keseluruhan materi yang telah diberikan selama seminggu sebelumnya. Yup.., as expected soalnya mirip dengan soal yang diberikan sebelumnya. Sehingga kami tidak terlalu kesulitan untuk menjawabnya.

Nama2 tim bourse gamenya cukup unik seperti: Father, Profit, Lucky, ST, BT, Day, Moro. Dari keseluruhan tim, cuma tim kami saja yang beranggotakan 2 orang yaitu saya dan mas Reza. Sisanya beranggotakan 3 orang. Sepat bertanya-tanya juga kenapa begitu, tapi setelah saya pikir2 lagi mungkin karena selama attachment sebelumnya saya ditempatkan di forex sedangkan mas reza bisa dibilang paling menonjol dibandingkan sub RTM yang lain waktu materi kelas. Agak ribet juga siy karena kami harus menghandle itu adalah 3 currency (EUR/USD, GBP/USD, USD/JPY), money market, dan US Treasury. Wow...

Untuk sesi tradingnya akan dibagi ke dalam 4 sesi. Hari Senin ada 1 sesi, Selasa ada 2 sesi, sedangkan untuk hari Rabu kembali hanya 1 sesi. Setiap sesinya akan ada jeda untuk coffee break sekaligus melakukan rekonsiliasi. Sesi 1 tentunya akan menjadi sesi yang paling sulit. Karena di sini ada beberapa peserta yang belum pernah merasakan bourse game sebelumnya. Apalagi metode perhitungan profit n’ loss serta net open positionnya juga agak membingungkan.

Selain itu cara untuk mengcall counterparty nya pun berbeda dibandingkan saat di ODP dulu. Jika waktu itu menggunakan RMDS tapi kali ini hanya telepon saja. Setiap kelompok dibekali 3 telepon serta nomor telepon setiap counterparty di depan kaca. Selain itu kami menggunakan kamar kami sebagai dealing roomnya. Jadi total ada 7 kamar yang digunakan. Selain tentunya 1 ruangan khusus untuk Central Bank. 

Pada training dealer kali ini juga ada yang istimewa di mana mantan direktur reuters Indonesia menyempatkan diri untuk datang (unfortunately I forget the name ^_^).

Sesi pertama
Setiap sesinya diawali dengan melakukan bidding terlebih dahulu. Setiap bidding yang dimenangkan itulah yang akan menjadi posisi kita. Pada sesi pertama ini strategi kami adalah long USD. Jadi currency yang lain tinggal mengikuti. Pada sesi pertama ini banyak sekali terjadi dispute. Selain itu setiap counterparty terlihat masih beradaptasi. Hal ini terlihat dari cukup lamanya seseorang untuk memberikan harga. Pada sesi pertama ini saya juga lupa untuk memberitahu mas Reza untuk memanage posisinya. Sehingga di akhir sesi ini untuk currency USD/JPY mas Reza long hingga belasan mio (Blunder yang ternyata memberikan keuntungan besar kepada kami di sesi berikutnya ^_^).

Satu hal yang membuat training di hotel tidak seenak di lcg. Karena biasanya makanan untuk coffee breaknya terlalu “international taste”. Selama training tidak pernah sekalipun saya mencicipi makanan coffee break yang diberikan.

Sesi kedua
Sesi kedua dimulai keesokan harinya. Selesai sarapai, dengan mata yang masih mengantuk kami segera bersiap untuk memulai bourse game. Pada sesi kedua mulai diberikan variasi transaksi cross rate. Yang tentunya agak membingungkan karena harus dipecah terlebih dahulu. Untungnya pada sesi ini kami tidak memenangkan transaksi cross rate ini sehingga tidak ada yang harus dipecah.

Sesi ketiga
Sesi ketiga dimulai setelah makan siang. Di sesi ini saya mulai merasa kurang enak badan yang semakin parah. Hidung udah meler terus.

Sesi keempat
Pada sesi keempat variasi yang ditambahkan adalah adanya transaksi forward. Cukup membingungkan untuk open positionnya. Tapi nyatanya dari transaksi inilah kami mendapatkan keuntungan yang cukup besar di ahir sesi. Pada sesi ini saya bertukar posisi dengan mas Reza karena mas Reza ingin mencoba memegang 2 currency. Pada sesi ini ternyata viewnya berbanding terbalik dengan 3 sesi sebelumnya. Dimana USD nya melemah dikarenakan data US yang buruk serta data negara lain yang bagus.
Ketika melakukan perhitungan awalnya saya merasa yakin sekali akan memperoleh untung yang sangat besar. Namun ternyata setelah dihitung saya untuk currency JPY yang saya pegang saya memperoleh rugi yang sangat besar. Saya merasa sangat terkejut. Sambil berusaha menahan rasa sakit yang semakin menjadi-jadi untuk mencari kemungkinan adanya salah perhitungan akhirnya saya sampai pada kesimpulan bahwa saya memang rugi. Hal ini disebabkan kesalahan perkiraan saat melakukan bidding. Karena meskipun saya dapat menghasilkan keuntungan dari posisi yang sesuai dengan market, namun di awal sesi saya harus melakukan cut loss 5 mio hingga 50 pips. Hal ini terjadi karena dalam 5 menit pembukaan harga USD/JPY meloncat gila-gilaan ke atas padahal saat itu posisi saya short 5 mio. Baru kemudian turun secara perlahan-lahan.
Adapun kesan terhadap Counterparty yang lain adalah sebagai berikut:
·          1. MORO Bank
 Entah kenapa perasaan saya untuk bank ini ngerasa kasihan aja. Jadi nga enak untuk mengcalling bank ini. Apalagi setelah dapat isu kalo di sesi pertama ruginya udah terlalu besar. Pas sesi terakhir Tyo sempai izin pamit dulu karena ada pelantikan ODP makin ga tega untuk minta harga ke bank ini. Jadinya hanya beberapa kali saya mengcalling bank ini. Bila bank2 lain sudah ga ada yang mau ngangkat telepon lagi. Meskipun saat memberikan harga sering lama, namun di bank ini tidak ada batasan untuk melakukan transaksi berapapun juga.
·         2. PROFIT Bank
Nothing special with this bank. Secara keseluruhan cukup menyenangkan bertransaksi dengan bank ini. Ngasi harganya pun lumayan cepat. Bank favorit untuk dicall.
·         3. ST Bank
Bank ST menurut saya merupakan bank yang cukup tricky. Maksudnya untuk transaksi GBP dan JPY harus berhati-hati karena yang megang currencynya cukup baik. Titik lemahnya ada di EUR. Karena Zaki gampang dikerjain ^_^. (piss zak). Pas di awal sesi sempat melakukan transaksi hingga 7 mio sekali hit. Hahaha. Selain itu bank ini juga cukup baik dalam mengelola US Treasurynya. Menurut saya bank ini merupakan bank yang paling aktif dalam bertransaksi US Treasury.
·         4. BT Bank
Sebenarnya ada sedikit slack dengan bank yang satu ini. Hal ini bermula di sesi kedua. Saat itu saya mengcall bank ini dan ketika sudah deal done saya tiba2 lupa nama bank ini. Dan ketika saya tanyakan si dealernya langsung marah dan menyatakan transaksi batal. Dealer tersebut langsung menutup teleponnya. Ketika saya menghubunginya lagi dan melakukan reconfirm kepada dealer tersebut, si dealer (I am absolutely sure about the voice) menyatakan tidak ada transaksi dengan saya. OK sejak saat itu saya tidak pernah mengcall bank ini lagi hingga sesi terakhir.
·         5. DAY Bank
Kelompok yang satu ini agak unik karena ada perselisihan di antara anggotanya sendiri. Nah dikarenakan salah satu anggota kelompoknya ada yang tinggal di dealing room saya, jadinya dia cukup sering ke tempat kami dan menumpahkan uneg2nya. Menurut saya kelompok ini juga paling misterius karena sangat jarang berdiskusi untuk membahas blotter yang ribet ini ^_^.
·         6. LUCKY Bank
Bank yang paling gokil menurut saya. Di salah satu sesi saya menghit secara terus menerus bank ini. Dan selalu diberikan harga. Bank ini juga sering meminta untuk membatalkan transaksi karena sudahrugi terlalu besar. Lucu juga siy, transaksi kok bisa dibatalkan ^_^.

Kalau setelah saya tanya tim2 yang lain siy mereka bilang tidak ada yang untung, berarti cuma tim kami saja yang untung. Yang cukup lucu juga ada sebuah tim sebut saja tim XXX yang salah memberikan big figure ketika bidding sehingga akhirnya rugi sangat besar. Wkwkwkwk. Transaksi mata uang kami semuanya memberikan keuntungan walaupun kecil. Justru transasksi US Treasury yang amsyong (baca: rugi) gila2an ^_^.

Pada malam terakhir ini kami menyempatkan diri untuk berenang dulu malam2. I think it’s a got choice because in fact just Zaki can swim well ^_^. Me, Surya, and ya2n cant swim so good. It’s just a game.

Tidak ada komentar: