25 Oktober 2014

MARDALAN AHU - Aku Melangkah

Mardalan ahu marsada-sada
Melangkah kusendiri , satu persatu  *)merantau dari satu tempat ke tempat yang lain 

Laos dilanglangi do ahu, tarlungun-lungun
Ditempat yang sepi , kubersedih hati   *)diperantauan yang terasa sepi, hati bersedih 

Manetek ilukhi dainang, da sian mata
Airmataku menetes mama, dari mata

Marningot langkahi dainang, laos so marujung
Merenungkan pejalananku mama, yang tiada akhir  *)Merenungkan perantauan yang sudah lama sekali tetapi belum dapat tujuan

Suman ma ahu partudosanna,
Pantaslah saya diibaratkan,

Tu sanggar sangkambona inang, nasai madudung
Sebatang ‘sanggar’ mama , yang selalu rebah

Nameol-eol i dainang, di ulus alogo
Bergoyang goyang mama, ditiup angin

Songon bulung ni bulu inang, nasai madudus
Bagaikan daun bambu mama, selalu rontok berjatuhan

Ullushon….., ullushon………, ullushon alogo
Tiuplah…….tiuplah……….., tiuplah aku angin  #)meminta pertolongan angin(tuhan) 

Sahat tu huta ni Dainang, diluat nadao
Sampai ke kampung mamaku, ditempat nan jauh   *)Kembali kepangkuan ibunda di kampung halaman, ditempat yang jauh

Posma roha ni dainang, tibu do ahu ro
Sabarlah mamaku, aku segera pulang

Sian tano parjalangan, diluat nadao
Dari tanah perantauan, di tempat nan jauh

Ue dainang, Ue dainang,  Ue dainang, Ue dainang, Ue……..
Oo mama, Oo mama, Oo mama. Oo……

Alusi ma ahu inong, alusi ma ahu among
 Jawablah aku mama, jawablah aku papa

Alusi ma ahu inong, najou-jou on
Jawablah aku mama, yang memanggil-manggilmu  #) panggilan akibat Kerinduan yang mendalam atau kegagalan

Najou-jou on.
Yang memanggil-manggilmu.

Tidak ada komentar: