31 Oktober 2012

Customer Experience Story


Saya berada di unit kerja Regional Treasury Marketing Medan yang bertugas untuk melakukan aktivitas treasury dengan nasabah baik itu untuk valuta asing maupun surat berharga yang meliputi wilayah Aceh, Sumatra Utara, dan Riau (kecuali Batam). Unit kami terdiri dari 10 orang yang terdiri dari 1 orang RTM Manager, 2 orang dealer (termasuk saya), 3 orang supporting, 1 orang Office boy, dan 1 orang driver.

Di dalam tim kecil ini setiap pagi kami memulai aktivitas kami dengan melakukan morning meeting yang isinya antara lain menginfokan apabila ada nasabah yang mempunyai kebutuhan di hari itu (beli/jual) dimana nasabah tersebut sangat sensitif terhadap harga. Terkadang nasabah tersebut juga mendapat update harga dari bank lain. Sehingga nantinya dealer harus dapat mencarikan harga terbaik bagi nasabah salah satunya dengan melakukan matching transaksi sehingga nasabah pun selalu merasa puas dengan harga yang diberikan oleh Bank Mandiri.

Kegiatan lain dari morning meeting ini adalah memberikan update kondisi market global maupun regional sehingga nantinya kita dapat memberikan view kepada nasabah mengenai apa yang terjadi di market sekarang maupun prediksi ke depannya. Selain itu kita juga dapat menjelaskan kepada nasabah kenapa harga pada saat itu naik atau turun. Nasabah tentunya akan merasa puas dengan pelayanan ekstra yang kita berikan.

Setiap orang memiliki daftar nasabah kelolaan yang kegiatannya adalah melakukan update harga untuk nasabah tersebut, menanyakan apakah ada kebutuhan nasabah, serta (bila ada) berapa harga yang diberikan bank pesaing sehingga kita dapat memberikan harga terbaik bagi nasabah. Nasabah tentunya akan merasa puas karena mereka langsung mendapatkan update harga secara cepat dan bagus.

Walaupun hanya sesekali bertatap muka dengan nasabah (proses deal selalu dilakukan menggunakan telepon), namun percakapan melalui telepon ini dapat berlangsung santai walaupun tetap profesional. Terkadang dari 15 menit percakapan dengan nasabah, proses deal hanya berlangsung 1 menit sisanya 14 menit isinya adalah membicarakan hal lain di luar transaksi. Hal ini menunjukkan kepercayaan nasabah terhadap RTM Medan. Bahkan bila harga yang diberikan Bank Mandiri sama atau bahkan kalah dari yang diberikan oleh bank lain, dikarenakan sudah adanya ikatan emosional antara nasabah dengan pegawai mereka pun tetap memilih bertransaksi di Bank Mandiri. Selain itu kami juga selalu menunjukkan komitmen kami untuk memberikan harga sebaik mungkin bagi nasabah Bank Mandiri. Hal inilah yang memberikan nilai positif bagi kami di mata nasabah.

Di akhir hari kami akan memeriksa hasil pekerjaan kami hari ini. Ada 3 bagian utama yang harus di cek yaitu inputan OPICS (inputan kami yang berpengaruh terhadap posisi FX Bank Mandiri), inputan EMAS (oleh cabang), serta blotter manual (blotter yang kami tulis sehabis melakukan deal dengan nasabah). Setiap orang memegang 1 bagian untuk dikoreksi bersama-sama untuk memastikan tidak terjadi kesalahan selama aktivitas kami (zero error). Caranya adalah dengan membaca semua transaksi secara bergantian dengan suara keras. Tujuan dari pemeriksaan secara bersama-sama ini adalah untuk meningkatkan rasa kebersamaan di dalam tim di mana setiap personil mengemban tanggung jawab atas transaksi yang dilakukan pada hari itu.

Selain itu, kami juga sering mendapat permintaan data dari nasabah ataupun unit lain di Bank Mandiri baik itu yang rutin maupun tidak rutin. Permintaan ini akan selalu kami layani dengan sebaik mungkin. Hal ini sesuai dengan impian kami untuk selalu memberikan servis terbaik bukan hanya untuk nasabah eksternal maupun juga untuk nasabah internal.

Ada kepuasan tersendiri bila kita dapat memenuhi kebutuhan nasabah, walaupun itu tidak berhubungan langsung dengan unit kita, namun usaha kita untuk menjawab setiap kebutuhan nasabah tentunya memberikan nilai positif kita di mata para nasabah. Walaupun kegiatan yang dilakukan adalah rutinitas harian, namun karena dikerjakan dengan perasaan senang, rasa kebersamaan yang tinggi, serta penuh tanggung jawab sehingga kami selalu dapat memberikan servis terbaik bagi nasabah Bank Mandiri.

Semangat Pagi!!!

Tidak ada komentar: